5 tanda sebelum angin puting beliung terjadi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

⛑️Interarma Caritas⛑️

 

 

5 tanda-tanda sebelum angin puting beliung terjadi:

 

1. Udara gerah pada hari sebelumnya.

Satu hari sebelum puting beliung muncul, suhu udara pada malam hari hingga pagi bisa terasa panas dan gerah.

Hal ini disebut akibat adanya radiasi Matahari yang cukup kuat, ditunjukkan oleh nilai perbedaan suhu udara antara pukul 22.00 dan 07.00 dengan suhu lebih dari 4,5 derajat celcius

 

2. Kelembapan tinggi.

Pada saat bersamaan dengan suhu panas tersebut, kelembapan di wilayah yang akan mengalami angin puting beliung juga dikatakan akan cukup tinggi.

 

3. Terlihat awan Cumulus saat pagi hari.

Pada hari akan terjadinya angin puting beliung, tepatnya pada pagi mulai pukul 10.00, akan terlihat awan Cumulus atau awan putih berlapis-lapis tumbuh.

Di antara awan tersebut terdapat satu jenis awan yang mempunyai batas tepi dan berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

 

4. Awan berubah menjadi Cumulonimbus.

Awan putih berlapis-lapis tersebut kemudian akan tumbuh menjadi awan abu-abu atau hitam. Perubahan menjadi awan Cumulonimbus ini disebut dapat terjadi dengan cepat.

 

5. Tidak ada hujan selama beberapa hari.

Jika satu hingga tiga hari berturut-turut tidak ada hujan pada musim pancaroba atau musim peralihan, maka terdapat indikasi potensi hujan lebat yang pertama kali turun diikuti angin kencang, baik yang masuk kategori puting beling maupun tidak.

 

 

Terimakasih

 

#pmr_smeppassa

#didyouknow_pmr

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240107-WA0003

MOTIVASI ISLAM REMAJA MASJID

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh💕Selamat menunaikan ibadah sholat subuh 💕20 Safar 1445 H5 September 2023 ” Ungkapkan segala masalahmu kepada Allah, karena pasti ada jalan keluarnya, Allah maha tahu tentang segala isi hati kita. Hanyalah Allah yang tahu segala sesuatu, jadi janganlah kamu malu-malu mengakui bagaimana perasaanmu. “Mengeluhkan masalah kepada sesama manusia tidaklah tepat karena kita sesama

Baca selengkapnya...
IMG-20240113-WA0066

MENGENAL RUMAH ADAT DI KALIMANTAN TENGAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Halo sobat Smeppassa!!   Disini kita akan membahas beberapa rumah adat dari Kalimantan Tengah    1. Rumah Betang Muara Mea Jenis rumah adat Kalimantan Tengah yang pertama adalah Rumah Betang Muara Mea.   Rumah Muara Mea memiliki tampilan yang lebih modern karena pada dinding dari rumah Muara Mea sudah diberikan cat

Baca selengkapnya...
IMG_20231220_155628

PENGERTIAN DAN SEJARAH TARI PAYUNG KHAS DAERAH SUMATERA BARAT

Masyarakat Minangkabau sejak dulu sudah dikenal memiliki berbagai jenis dan bentuk tarian yang mewarnai kebudayaan mereka. Selain adanya tari piring yang sudah sangat populer, ada juga tari lain yang menggunakan instrumen pelengkap berupa payung. Sehingga tarian ini disebut sebagai tari payung.   Tarian ini merupakan tarian yang dalam pementasannya dibawakan oleh para penari yang memiliki

Baca selengkapnya...
IMG_20240118_204023

RUMAH ADAT OSING

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Kalian tahu tidak Rumah Osing itu apa? Suku Using atau Suku Osing Banyuwangi memiliki beragam budaya yang hingga saat ini masih dilestarikan. Salah satunya yaitu rumah adat Osing. Rumah Osing adalah rumah tradisional suku Osing yang berada di Desa Kemiren, Banyuwangi. Daerah tersebut juga sudah ditetapkan sebagai cagar

Baca selengkapnya...
IMG_20240204_074146

PUNCAK PUCANG RANGGA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Wisata alam Lumajang memanglah tidak diragukan apalagi keindahannya. Mulai dari berbagai hamparan pantai, keindahan air terjun yang tersebar diberbagai daerah, bahkan gunung tertinggi sepulau Jawa pun terletak di Kota Lumajang ini.  Salah satu dari wisata yang ada di Lumajang yaitu Puncak Pucang Rangga. Apakah kalian tahu bahwa keindahan

Baca selengkapnya...